Home Top Ad

Responsive Ads Here

14 Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Share:
Ikan Hias Air Tawar
Ikan Hias Air Tawar

Memelihara ikan hias air tawar di akuarium menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mempercantik ruangan di rumah kita. Tetapi adakalanya ikan hias yang dipelihara dalam akuarium atau kolam mudah mati. Hal itu terjadi bukan karena ikannya yang mudah mati, bisa saja kemungkinan itu terjadi akibat adanya kesalahan dalam cara pemeliharaannya.

Makanan Ikan Hias Air Tawar

Untuk pakan ikan hias, kita bisa memberikan makanan alamai agar pertumbuhan ikan selalu terjaga. Nilai gizi dari pakan alami ini lebih bagus dibandingkan dengan makanan buatan manusia yang telah dicampur dengan bahan kimia. Oleh sebab itu gunakan pakan ikan hias yang alami, atau kita bisa membuatnya sendiri dirumah.

Jenis pakan alami untuk Ikan Hias Air Tawar

Berikut ini adalah beberapa jenis pakan ikan hias air tawar yang bisa kita gunakan.

  1. Udang kecil (udan rebon), sangat bagus digunakan untuk ikan hias ukuran kecil.
  2.  Kutu air (daphina), pakan ini cocok untuk diberikan ke ikan hias yang telah dewasa dan dapat mengubah warna mereka.
  3. Cacing sutera, hampir semua jenis ikan hias bisa diberi pakan ini, dan kandungan gizinyapun sangat tinggi.
  4. Jentik nyamuk, tidak jauh dengan cacing sutera, jenis pakan ini juga sangat bagus untuk ikan hias dan bisa dipakai untuk semua jenis ikan.


Selain empat jenis pakan alami di atas, kita juga bisa menggunakan pakan yang berasal dari sayur-sayuran, Contohnya sayur wortel yang sangat bagus untuk ikan louhan. pakan ini bagus untuk ikan  louhan sebagai cara mempercepat proses pewarnaan dan perkembangan benjolan jidatnya agar semakin bagus. Sayuran lainnya bisa kita guanakan seperti timun yang bisa menambah nafsu makan dan tambahan vitamin untuk ikan seperti catfish (sapu sapu, lele hias).


Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar yang cocok di akuarium

Terdapat dua jenis ikan hias tawar yang dapat dipelihara di akuarium, yaitu ikan air laut dan ikan air tawar. Namun, jenis ikan hias jenis ini lebih banyak dipilih masyarakat dibandingkan jenis ikan air laut karena selain jenis ikan hias tawar yang lebih banyak, dalam hal perawatan dan pakan juga lebih mudah. Di Indonesia, sekurang-kurangnya terdapat sekitar 363 jenis Ikan Hias Air Tawar yang telah di ekspor ke berbagai negara di dunia.

Nah bagi kamu yang bingung jenis Ikan Hias Air Tawar apa saja yang bisa kamu pelihara di dalam akuarium, berikut beberapa jenis ikan air tawar terindah yang siap menghiasi akuarium milikmu!

1.Ikan Hias Air Tawar Botia

Ikan Hias Air Tawar botia

Ikan botia berwarna kuning cerah dengan tiga garis lebar berwarna hitam. Habitat ikan botia berada di daerah perairan jernih dengan bebatuan sebagai dasarnya. Jenis ikan hias cantik ini merupakan ikan yang aktif dimalam hari, atau yang lebih dikenal dengan istilah nokturnal.

2.Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Ikan Hias Air Tawar

Selain memiliki warna yang indah, ikan mas koki ini juga memiliki yang sangat unik. Memiliki perut “buncit” dengan mata besar dan ekor yang berumbai-rumbai membuat ikan mas koki begitu memikat para pencinta ikan unik.  Ikan mas koki ini wajib ada di akuarium milikmu!

3.Ikan Hias Air Tawar Louhan

ikan hias air tawar

Di Indonesia, ikan ini menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati para kolektor ikan profesional. Bentuknya yang unik dengan warna yang indah menjadikan ikan louhan sebagai simbol keberuntungan. Tak ayal jika harga ikan air tawar yang satu ini terbilang sangat tinggi. Tertarik memiliki?

4.Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra

ikan hias air tawar

Jenis ikan air tawar ini tergolong dalam kelompok ikan cardinal fish atau ikan air tawar yang membentuk sculling atau gerombolan. Sisik dalam neon terta mempunyai zat bioluminesen, yang artinya bisa mengeluarkan cahaya.

5.Ikan Hias Air Tawar Lemon

ikan hias air tawar

Ikan kecil ini berasal dari Afrika dengan ciri khas warna kuning lemon dan garis hitam pada bagian sirip punggungnya. Ikan ini termasuk jenis ikan air tawar yang mempunyai sifat teritory artinya mempunyai daerah kekuasaan dan termasuk ikan hias yang hidup soliter atau sendirian.

6.Ikan Hias Air Tawar Oscar

ikan hias air tawar

Ikan ini termasuk jenis ikan air tawar agresif sehingga untuk memelihara ikan ini jangan di campurkan dengan jenis ikan hias biasa yang lain. Layaknya ikan louhan, perawatan ikan oscar sangat mudah cukup memberi makan yang tepat dan membersihkan akuarium dari kotoran ikan.

7.Ikan Hias Air Tawar Molly

ikan hias air tawar

Meskipun badannya gendut, gerakan ikan ini sangat gesit. Ikan molly termasuk jenis ikan air tawar yang bergerombol dalam jumlah kecil. Namun kamu harus cukup teliti masalah penyediaan pakan ikan molly. Kondisi pakan dalam akuarium harus selalu ada.

8.Ikan Hias Air Tawar Manfish

ikan hias air tawar

Ikan manfish adalah jenis ikan hias tipis yang sering kamu temui sebagai jenis ikan air tawar yang dijadikan pilihan untuk menghiasi akuarium. Jenis ikan hias ini sangat mudah dipelihara karena bisa dicampur dengan jenis ikan hias lain dalam satu akuarium. Manfish merupakan jenis ikan unik dengan ciri-ciri mempunyai badan yang pipih dan sirip yang memanjang

9.Ikan Hias Air Tawar Guppy

ikan hias air tawar

Terakhir dalam daftar adalah ikan Guppy, merupakan jenis ikan kecil yang tidak terlewatkan bagi para pencinta ikan hias. Selain murah, ikan mungil yang satu ini sangat mudah dipelihara dan dikembangbiakan. Contohnya saja jika kita mempunyai akuascape kemudian habitatnya menyerupai sebagaimana di habitat asli guppy, secara langsung jenis ikan air tawar ini bisa berkembang biak sendiri.

10.Ikan Hias Air Tawar Cupang

ikan hias air tawar

Cupang memang termasuk ikan hias yang mudah dipelihara. Ia tidak membutuhkan filter. Tidak memerlukan aerator. Bisa hidup dengan baik tanpa keseimbangan ph atau suhu air. Namun, mudah dipelihara bukan berarti kamu bisa sembarangan. Soalnya, seni memelihara betta fish terletak pada keindahan sirip dan ekornya.

11.Ikan Hias Air Tawar koi

ikan hias air tawar

Ikan koi adalah ikan hias yang sangat populer di dunia maupun di Indonesia. Jenis ikan koi banyak ragamnya dan memiliki keunikan tersendiri, sehingga banyak disukai oleh pencinta ikan hias. Bahkan, harga ikan koi bisa sangat tinggi bila dijual.

Awalnya, ikan yang berkembang di negara Jepang ini dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, namun seiring perkembangannya jenis ikan koi banyak berkembang biak dan memiliki banyak variasi warna yang cantik dan bentuk yang unik.

12.Ikan Hias Air Tawar sapu sapu

ikan hias air tawar

Ikan sapu-sapu termasuk kelompok catfish. Mungkin ikan sapu-sapu ini hanya dikenal sebagai ikan pembersih namum ada juga spesies ikan sapu-sapu ini juga memiliki banyak motif di tubuhnya. Dari yang polos , garis , totol dan lainnya. Sangat cocok untuk ditempatkan sebagai ikan hias di akuarium kita.


13.Ikan Hias Air Tawar Cat fish / lele hias

ikan hias air tawar

Walaupun ada sebagian spesies catfish atau ikan lele ini sering kita jadikan konsumsi tetapi banyak species dari catfish ini layak untuk di jadikan koleksi aquarium atau kolam hias kita. Beberapa dari kelompok ikan ini hanya mencapai ukuran 10 cm ketika dewasa namun ada juga spesies dari Catfish atau ikan lele ini akan mencapai ukuran raksasa, sehingga di sarankan bila kita memilih ikan jenis catfish yang besar kita harus memiliki akuarium yang cukup besar atau mungkin bisa kita tempatkan dikolam.

14.Ikan Hias Air Tawar arwana asia

ikan hias air tawar

Ikan arwana ini di percaya oleh sebagian orang membawa hoki bagi pemiliknya. Walaupun memiliki gerakan anggun namun jenis ikan hias ini merupakan ikan predator air tawar yang hebat. Ikan arwana ini di percaya oleh sebagian orang membawa hoki bagi pemiliknya. Walaupun memiliki gerakan anggun namun jenis ikan hias ini merupakan ikan predator yang hebat.

Tidak ada komentar